Langkah Indonesia hingga Juara Piala AFF U-16 untuk Kali Pertama

Langkah Indonesia hingga Juara Piala AFF U-16 untuk Kali Pertama
Sumber : Kompas

Trendingtopic – Langkah Indonesia hingga Juara Piala AFF U-16 untuk Kali Pertama. Timnas U-16 Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018, Sabtu (11/8/2018).  Gelar ini didapat setelah mengalahkan Thailand 4-3 lewat adu penalti. Laga final ini menjadi pertama kalinya Indonesia meraih hasil imbang di waktu normal. Sebelumnya, mereka selalu bisa meraih kemenangan dalam tempo 2×40 menit pertandingan.  Jika melihat catatan Indonesia selama turnamen, gelar juara ini memang pantas didapatkan. Indonesia selalu meraih kemenangan pada fase grup.

Atas catatan ini, Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup A dengan koleksi poin sempurna, 15. Berlanjut ke babak semifinal, Indonesia berhasil mengalahkan rivalnya, Malaysia dengan skor 1-0. Indonesia juga menjadi tim paling produktif selama turnamen. Total anak asuh Fakhri Husaini ini sudah mencetak 23 gol dari tujuh laga. Torehan Indonesia sebagai tim semakin manis ketika salah seorang pemainnya juga berprestasi. Penyerang andalan Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri mengakhiri turnamen dengan status top skor atau pencetak gol terbanyak. Bagus Kahfi total sudah mencetak 12 gol dari tujuh laga hingga partai final.

Berikut 7 pertandingan yang dijalani Timnas U-16 Indonesia hingga melangkah ke final:

29 Juli 2018, Indonesia 8-0 Filipina Start sempurna dilakukan Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2018. Menjamu Filipina di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Bagus Kahfi dkk menang dengan skor telak 8-0.  Tiga gol tercipta pada babak pertama melalui Supriadi, Komang Teguh, dan Fajar Faturahman. Adapun lima gol Indonesia pada babak kedua dicetak oleh Sutan Zico, Rendy Juliansyah, David Maulana, dan Bagus Kahfi (2 gol).

31 Juli 2018, Indonesia 2-1 Myanmar Bagus Kahfi yang tampil apik sebagai pemain pengganti pada laga versus Filipina, dipasang sebagai starter saat menghadapi Myanmar. Dua gol dicetaknya pada babak pertama dan membuat Indonesia unggul. Myanmar baru bisa membalas menjelang akhir-akhir laga melalui sepakan penalti Zaw Win Thein.

2 Agustus 2018, Indonesia 4-2 Vietnam Duel sengit terjadi pada laga ketiga Grup A antara Indonesia dan Vietnam. Selain sempat tertinggal terlebih dahulu, pasukan Fakhri Husaini juga harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Saat Indonesia unggul 3-1, terjadi friksi antara kedua tim ketika pemain Vietnam memprovokasi Fajar Faturahman yang dijegal lawan. Bagas Kaff terpancing emosinya dan langsung mendapat kartu merah, seperti halnya satu orang pemain Vietnam.

4 Agustus 2018, Indonesia 3-0 Timor Leste  Perlawanan ketat sempat diperlihatkan Timor Leste saat menghadapi Indonesia. Ditonton mantan presidennya, Xanana Gusmao, Kay Sword dan kawan-kawan menahan imbang Indonesia tanpa gol pada babak pertama. Keran gol Indonesia baru mengalir pada babak kedua. Dua gol Bagus Kahfi plus satu gol dari Sutan Zico memastikan Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018.

6 Agustus 2018, Indonesia 4-0 Kamboja Indonesia menutup laga Grup A dengan kemenangan telak 4-0 atas Kamboja. Bagus Kahfi menjadi bintang kemenangan berkat tiga gol yang dikemasnya. Tambahan tiga gol membuat Bagus Kahfi kokoh di puncak daftar top skor dengan 11 gol. Jumlah itu mematahkan rekor John Roberts (Australia) saat mencetak 8 gol pada gelaran 2015 dan 2016.

9 Agustus 2018, Indonesia 1-0 Malaysia Indonesia harus menunggu sampai menit ke-70 untuk bisa mencetak gol kemenangan. Bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, permainan Indonesia yang mengandalkan dua sisi sayap mudah tertebak oleh Malaysia. Pada menit ke-68, Supriadi dijatuhkan kiper, Abdur Alim, sehingga wasit menunjuk titik putih. Bagus Kahfi yang menjadi algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ini adalah gol ke-12 Bagus Kahfi sepanjang turnamen.

11 Agustus 2018, Indonesia 4-3 Thailand Laga melawan Thailand akan sangat sulit bagi Indonesia. Sempat unggul lebih dulu lewat Fajar Faturachman pada menit ke-32, Indonesia kebobolan oleh gol Apidet Janngam (71′). Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua selesai dan berlanjut ke babak adu penalti. Di babak adi penalti, mental tanding anak muda Indonesia ini patut dipuji. Empat algojo Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand. Indonesia akhirnya keluar sebagai juara dengan kemenangan 4-3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *