Diminta Jokowi Bikin Jack Ma Institute, Ini Kata Bos Alibaba

Diminta Jokowi Bikin Jack Ma Institute, Ini Kata Bos Alibaba
Sumber : Kompas

Trendingtopic – Diminta Jokowi Bikin Jack Ma Institute, Ini Kata Bos Alibaba. Saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jack Ma diminta untuk membuat Jack Ma Institute di Indonesia. Lantas apa tanggapan sang pendiri Alibaba?

Pertanyaan itu langsung dialamatkan padanya usai menemui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso.  Pria yang lahir di kota Hangzhou, China, itu pun menyambut baik usulan yang disodorkan Rudiantara saat bertemu Jokowi kemarin. Bahkan, dirinya memang tengah berencana bikin program yang sama.

“Kami sedang mempertimbangkan untuk bikin itu. Ini tentang talent, tentang enterpreneurship. Kami masih punya pekerjaan yang mesti dibicarakan lain kali,” ujar Jack Ma saat ditemui di salah satu hotel di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Sayangnya, Jack Ma belum bicara banyak apakah usulan tersebut akan ia realisasikan dalam waktu dekat. Tapi usulan Jack Ma Institute ini sepertinya akan ditampung olehnya. Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengatakan pembahasan Jack Ma Institute akan kembali dibicarakan ketika pria Rp 570 Triliun itu datang lagi ke Indonesia bulan depan.

“Oktober itu, Jack Ma akan kembali ke Indonesia membahas lagi hasil pertemuan ini, termasuk soal institut. Akan tetapi, pada prinsipnya dia setuju tentang pengembangan sumber daya manusia ini,” ujar pria yang kerap disapa Chief RA itu.

Sebelumnya di Istana Bogor, Chief RA menjelaskan dengan pendirian institut Jack Ma di Indonesia ditargetkan untuk SDM di platform startup yang telah ada di Indonesia. Pengembangan kapasitas SDM dalam negeri jadi fokus utama institusi tersebut.

“Kebutuhan talent ini antara lain untuk platform. Platform itu kan banyak yang namanya startup, nah tentu harus kita isi dengan orang-orang yang mengerti bagaimana menjalankan startup. Orang-orang Indonesia nah kita kembangkan kapasitasnya di sini.

“Lalu, pendidikan bagi ekosistem. Karena kalau startup-nya bagus, tapi misalnya kebijakan policy-nya tidak ya repot. Tahun ini sudah kirim 27 orang kalau tidak salah government officer ke Alibaba Campus. Nanti kita kembangkan di Indonesia,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *