Debat Soal Visi Misi Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandi

Debat Soal Visi Misi Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandi
Sumber : Detik

Trendingtopic – Debat Soal Visi Misi Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandi. Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki prioritas masing-masing dalam visi dan misinya. Antar-koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga saling berdebat soal visi-misi kubu lawannya.

Yang pertama, dalam dokumen yang diterima, visi dan misi Jokowi-Ma’ruf masih tertulis ‘Revolusi Mental’ yang pernah dipakai Jokowi dalam Pilpres 2014. Pada visi dan misi kali ini, Jokowi dan timnya menekankan pada revitalisasi Revolusi Mental. Revitalisasi itu juga mencakup perubahan mental karakter bangsa. NasDem menjelaskan makna Revolusi Mental yang diusung Jokowi. NasDem menyebut Revolusi Mental memiliki makna luas.

“Yang namanya Revolusi Mental memang harus tetap menjadi ikon kami karena Revolusi Mental artinya luas. Seperti misal memerangi korupsi, mengubah paradigma berpikir,” kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Rabu (26/9).

Ditambahkan oleh PKB, Revolusi Mental yang jadi andalan Jokowi itu harus terus berjalan. PKB menjelaskan Revolusi Mental harus terus berjalan karena berkesinambungan dengan segala unsur dalam hidup bernegara ini.

“Revolusi Mental itu program yang tak lekang oleh waktu, akan terus relevan sepanjang waktu,” ujar Wasekjen PKB Daniel Johan dalam perbincangan, Rabu (26/9).

Kritikan soal Revolusi Mental dilemparkan kubu Prabowo, yakni dari Gerindra. Gerindra menilai Revolusi Mental layak dibenahi.

“Sekarang saya pikir kita lihat keadaan sekarang mungkin harus lebih dimaksimalkan lagi, sehingga mungkin dari yang membuat sekarang perlu direvitalisasi,” kata Waketum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9).

Sementara itu, Prabowo-Sandiaga menuliskan tentang ‘8 Karakter Utama’. Kedelapan karakter itu kemudian akan disinkronkan dengan sistem pendidikan nasional. Kedelapan karakter utama itu ditulis dalam Program Kesejahteraan Rakyat. Ada 31 program dalam Pilar Kesejahteraan Rakyat Prabowo-Sandiaga. Ada sedikitnya 3 poin yang menuliskan pendidikan karakter secara eksplisit.

Partai Gerindra menjabarkan satu-persatu nilai dari 8 Karakter Utama itu. Nilai-nilai 8 Karakter Utama itu ialah relijius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, bermanfaat. Kedelapan karakter utama itu ditulis dalam Program Kesejahteraan Rakyat.

“Yang pertama reiljius, kan harapannya seluruh warga Indonesia apapun agamanya akan menjadi relijius dengan pemahaman agama masing-masing,” ucap Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade kepada wartawan, Rabu (26/9).

Sedangkan PAN menyebut program prioritas tersebut lebih membumi dibandingkan Revolusi Mental yang kembali diusung Jokowi. Dengan fokus utama pada pengembangan 8 fokus karakter itu, kata PAN, permasalahan bangsa Indonesia akan dapat teratasi.

“8 Karakter Utama itu lebih membumi. Lebih aplikatif dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Itu salah satu perbedaan utama dengan jargon Revolusi Mental,” terang Wakil Ketua Dewan Kehormatan Dradjad Wibowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *